Permainan Simulasi Biliar Bola 8 Berbasis HTML5 di POBSI PengCab Jawa Barat

Main Article Content

Isnain Indri Adyawati
Sari Susanti

Abstract

POBSI (Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia) mempunyai agenda berkegiatan membina para atlet Biliar di wilayah Jawa Barat. Diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung atlet Biliar seperti tempat untuk berlatih, serta meja biliar yang sesuai standar nasional. Penempatan meja Biliar memerlukan tempat yang lumayan luas, serta perlu ruang yang lega untuk mengayunkan tongkat ketika pemain hendak menyodok bola. Harga meja biliar saja bisa belasan sampai puluhan juta rupiah. Belum ada opsional lain bagi para atlet pemula selain melakukan penyewaan di tempat jasa sewa Biliar dengan tarif sewa yang harus dikeluarkan setiap sesinya untuk permainan Bola 8. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh pihak POBSI tidak bisa digunakan sekehandak para atlet, serta harus terjadwal sesuai dengan jatah dan lebih diprioritaskan bagi para atlet yang akan mengikuti ajang pertandingan. Tujuan penelitian adalah untuk membuat simulasi permainan Biliar Bola 8 berbasis HTML5 dengan Construct 3 di POBSI PengCab Jawa Barat agar dapat melatih konsentrasi para atlet dalam melakukan shooting yang lebih akurat pada jenis permainan 8 bola Biliar. Hasilnya permainan simulasi ini menyediakan prasarana alternatif dalam melatih konsentrasi shooting bola Biliar yang lebih akurat bagi para atlet pemula, serta dapat menambah sesi pralatihan bagi para atlet di POBSI kepengurusan cabang Jawa Barat.

Article Details

Section
Articles

References

R. S. Almi, E. Barlian, and P. Padli, “Analisis Perkembangan Citra Negatif Olahraga Billiard Menjadi Judi Billiard Di Indonesia,” J. Sport Educ. Train., vol. 3, no. 2, pp. 172–181, 2022.

A. R. Pratama, “Perancangan Media Informasi Peraturan Dan Teknik Permainan Olahraga Biliar Melalui Media Buku,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., no. Mi. Univeristas Komputer Indonesia, pp. 5–24, 2019.

K. Y. Khairiyah and R. Sanusi, “Pengembangan Billiard Mini Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Autis,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 11, no. 2, p. 446, 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i2.8543.

R. S. Devi, H. Iskandaria, and P. Suryandari, “Pusat Pelatihan Nasional Olahraga Biliar Dengan Konsep Arsitektur Modern Di Setiabudi, Jakarta Selatan,” MAESTRO, vol. 4, no. 1, pp. 89–101, 2021.

M. Ridoi, Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2. Maskha, 2018.

A. Anthony, J. Pragantha, and D. A. Haris, “Pembuatan Game 2d Platform ‘Bola’ Berbasis Website,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, 2022.

A. B. A. Raspati and S. Susanti, “Aplikasi Permainan Sepeda Menggunakan Construct 3 di Gowes Baraya Bandung,” J. Pract. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 21–34, 2023.

R. N. Fauzan and R. Sanjaya, “Permainan Labirin COVID-19 untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak Tuna Grahita Berbasis Construct 3,” eProsiding Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022.

K. Y.,Khairiyah.& R. Sanusi. (2022). Pengembangan Billiard Mini Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Autis. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 446. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8543

S. Naja, (2020). Implementasi klasifikasi Naive Bayes untuk menentukan perilaku NPC pada Game Pegon Survival. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.