Multimedia Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Berbasis Mobile di SDN 055 Jatihandap

Main Article Content

Muhamad Nirwan Mahdiarana
Sari Susanti

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang terkait dengan pembelajaran huruf Hijaiyah mulai diajarkan pada kelas 1 di SDN 055 Jatihandap. Selama perjalanannya dalam mendidik anak-anak dalam memahami konteks dasar dari pembelajaran agama Islam di SDN 055 Jatihandap ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru PAI dalam menyampaikan dasar-dasar pembelajarannya. Tidak semua peserta didik dapat berfokus terhadap pembelajaran menulis huruf Hijaiyah dikarenakan sifat dasar mereka yang masih cenderung senang dalam bermain. Metode yang diajarkan oleh guru PAI yaitu latihan menulis huruf Hijaiyah dengan cara mencongak tulisan yang dicontohkan. Hal ini menyebabkan peserta didik membutuhkan keterampilan pendidik agar huruf yang dituliskan dapat dicontoh oleh setiap peserta didiknya. Terkadang pendidik kesulitan dalam menjelaskan posisi penulisan materi pada setiap latihan pada kerangka teknik penulisan teks Arab. Pada penelitian tujuannya adalah untuk melakukan rancang bangun multimedia belajar menulis huruf Hijaiyah berbasis mobile dengan software Construct 3. Hasil penelitian multimedia pembelajaran yang sudah dirancang dan dibangun dapat mendukung para peserta didik anak usia Sekolah Dasar terhadap pembelajaran menulis huruf Hijaiyah dengan cara yang menyenangkan, memudahkan guru PAI dalam memberikan contoh menulis huruf Hijaiyah sesuai dengan kerangka teknik penulisan teks Arab, serta telah didistribusikan di SDN 055 Jatihandap yang dijalankan pada smartphone Android.

Article Details

Section
Articles

References

E. Harahap et al., Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Penerbit NEM, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=yZ-LEAAAQBAJ

S. R. Alma, Al-Qolam Cara Cepat Bisa Menulis Arab Al-Qur’an. Deepublish, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=r2QCEAAAQBAJ

H. R. Ummaya, N. R. Kaylila, G. Meilinda, and A. N. Aeni, “Penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah Untuk Pembelajaran PAI Pada Materi Huruf Hijaiyah Di SD Kelas II,” J. Pendidik. Dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 5, pp. 219–224, 2022.

L. Lizawati and R. Romelah, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS 1 SDN 001 RANAI KABUPATEN NATUNA,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 757–761, 2022.

H. H. Utama, “APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID,” J. Teknol. Pint., vol. 3, no. 4, 2023.

M. Lutfi, “Model Pengembangan Multimedia Edutainment Untuk Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini,” TRANSFORMASI, vol. 15, no. 1, 2019.

Nggiku, N. B., & Talakua, A. C. (2023). Perancangan Game Edukasi Matematika Tentang Perhitungan Untuk Siswa (Studi Kasus: SD Inpres Kalumbang): Mathematics Educational Game Design About Calculations For Students (Case Study: SD Inpres Kalumbang). SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 290–296.

Nofa, W. K., Hapsari, D. A. P., & Putri, D. S. (2023). APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(1), 11–19.

Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3. Indonesian Journal of Computer Science, 11(1).

Putra, R. (2022). WHATSAPP BLAST SEBAGAI MEDIA PROMOSI MAKANAN RINGAN KERIPIK R&R. Universitas Teknologi Digital Indonesia.

Putri, W. L. (2021). Perancangan Media Pengenalan Program Studi Menggunakan Motion Graphic (Studi Kasus Di Fakultas Teknik). JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika, 5(02), 35–41.

Rahasia, B., Paturusi, S. D. E., & Lumenta, A. S. M. (2022). Perancangan Game Adventure: Pengenalan Budaya Sangihe.