Sistem Parking Lots Berbasis Web di PT Securindo Packtama Indonesia

Main Article Content

Ali Ibnu Hadjar
Rangga Sanjaya

Abstract

PT Securindo Packtama Indonesia adalah usaha yang bergerak di bidang pengelolaan lahan parkir. Pada kegiatan pengaturan penertiban kendaraan di PT Securindo Packtama Indonesia terkadang terjadi permasalahan yang dihadapi oleh petugas parkir maupun pengemudi mobil dan motor. Ketidaksesuaian antara kapasitas parkir dengan kendaraan yang akan diparkirkan seringkali membuat seorang pengemudi sulit dalam menemukan tempat parkir yang kosong untuk memarkirkan kendaraannya. Petugas parkir juga tidak dapat mengetahui dan menginformasikan tentang kapasitas ruang parkir yang tersedia pada area parkir secara pasti. PT Securindo Packtama Indonesia perlu menerapkan suatu sistem yang dapat menginformasikan tentang ketersediaan lahan parkir yang kosong bagi pengendara maupun petugas parkir. Pada penelitian ini diusulkan penerapan sistem parking lots berbasis web di PT Securindo Packtama Indonesia yang berguna bagi pengemudi kendaraan maupun petugas parkir. Hasilnya akses sistem parking lots oleh customers memudahkan pengemudi selaku dalam menemukan tempat parkir yang kosong untuk memarkirkan kendaraannya. Sistem parking lots yang sudah dibuat memberikan keterangan ke petugas parkir tentang kapasitas ruang parkir yang tersedia pada area parkir secara pasti dan menginformasikannya kepada pengemudi. Sistem parking lots yang dibuat dengan menggunakan Laravel Framework ini membantu optimalisasi daya tampung lahan parkir di PT Securindo Packatama Indonesia sehingga kendaraan menjadi lebih tertib dan teratur.

Article Details

Section
Articles

References

R. B. Alkam, S. A. Muin, Suwadiman, and I. Wahyudi, “ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KETERSEDIAAN RUANG PARKIR PADA RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL MAKASSAR,” vol. 22, no. 2, 2020.

D. Nawir, MANAJEMEN LALU LINTAS. Literasi Nusantara, 2021.

A. Rahmadanil, I. Ishak, and S. Dewi, “OPTIMALISASI RUANG PARKIR PUSAT KULINER SIMPANG KINOL (Studi Kasus JL. Niaga Kota Padang),” Ensiklopedia Research and Community Service Review, vol. 2, no. 1, pp. 185–192, 2022.

R. B. Alkam, S. A. Muin, and I. Wahyudi, “Analisis Karakteristik dan Ketersediaan Ruang Parkir pada Rumah Sakit Islam Faisal Makassar,” Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, vol. 22, no. 2, pp. 129–138, 2020.

A. M. Bayu Aji and B. Rudianto, “SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN PARKIR BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL,” INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 9–16, Jul. 2020, doi: 10.33480/inti.v15i1.1367.

A. M. B. Aji and B. Rudianto, “Sistem Informasi Pembayaran Parkir Berbasis Web Dengan Menggunakan Model Waterfall,” INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 9–16, 2020.

P. Budi Santoso, Kurniawan, and Hermawaty, “APLIKASI PERANCANGAN PARKIR BERBASIS VISUAL STUDIO 2010 (VB.NET),” ISU TEKNOLOGI STT MANDALA, vol. 17, no. 1, 2022.

R. Sanjaya, A. Herliana, Y. Fitriyani, R. Sri, and T. Suhartini, “Sistem Informasi Manajemen Bisnis dan Keuangan UMKM Menggunakan Model MVC Pada Framework Laravel,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 477–485, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

S. Bahri, “Sistem informasi penyewaan lahan parkir di wilayah rawa buaya berbasis web,” 2021.

N. Sulfiqih and R. Sanjaya, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Di Perusahaan PT. Telkom Akses Berbasis Web,” eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), vol. 1, no. 1, pp. 237–242, 2021.