Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Alfabet Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Multimedia Development Life Cycle

Main Article Content

Yoga Permana Jaya
Rissa Nurfitriana Handayani

Abstract

Anak-anak di SDN Sukahaji 02 cenderung merasa bosan saat belajar dan lebih tertarik untuk bermain. Masalah utama yang muncul dalam proses belajar adalah gaya pengajaran yang kurang menarik, sehingga anak-anak kehilangan minat dalam belajar. Dalam mengamati kegiatan di SDN Sukahaji 02, terlihat bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih terbatas dan tidak ada alternatif media pembelajaran yang menarik. Selain itu, guru masih mengandalkan papan tulis sebagai media utama dalam menyampaikan materi.  Kurangnya minat anak-anak dalam proses pembelajaran ini menyebabkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah game edukasi yang ditujukan untuk anak-anak usia dini. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Tahap pengujian sistem akan melibatkan uji kotak putih (white box test) yang bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi memenuhi kebutuhan fungsional yang telah ditetapkan. Hasil dari pengujian white box menunjukkan bahwa aplikasi telah memenuhi syarat pengujian dan semua fungsi berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan fungsional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game ini efektif, efisien, dan menarik bagi anak-anak, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka dalam belajar alfabet.

Article Details

Section
Articles

References

Najuah, Ricu Sidiq, and Reny Sabrina Simamora, “Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21,” 2022, Accessed: Jul. 01, 2023. [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/51618/

R. Simarmata and A. A. Rismayadi, “Rancang Bangun Game Spice Farming Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Berbasis Android (Studi Kasus: SD Negeri 037155 Bongkaras),” vol. 3, no. 2, 2022, Accessed: Jul. 16, 2023. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/592

S. Pratama et al., “APLIKASI INTERAKTIF DAN GAME PUZZLE PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANDROID,” 2022. Accessed: Jul. 01, 2023. [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/6231

A. N. Anggraini, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “RANCANG BANGUN GAME 2D ‘FINDING TAJWID’ DENGAN METODE FINITE STATE MECHINE MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY HUB,” Jurnal Teknologi Informasi), vol. 5, no. 1, 2021, Accessed: Aug. 07, 2023. [Online]. Available: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/1782

I. I. Purnomo, “APLIKASI GAME EDUKASI LINGKUNGAN AGEN P VS SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN CONSTRUCT 2,” 2020, Accessed: Jul. 01, 2023. [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/2784/0

S. Solihat and H. Suhendi, “Animasi Interaktif Pelafalan Huruf Dan Angka Bahasa Inggris Menggunakan Android Di SD YPWKS 1 Cilegon,” Animasi Interaktif Pelafalan Huruf Dan Angka Bahasa Inggris Menggunakan Android Di SD YPWKS 1 Cilegon, 2022, Accessed: Jul. 01, 2023. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/592

S. Barori, “Perancangan Sistem Pencarian Bengkel Kendaraan Bermotor Di Wilayah Bandar Lampung Berbasis Aplikasi Androi,” Jurnal teknologi Pintar, vol. 2, no. 7, 2022.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, p. 121, Jan. 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

M. Baihaiki, “Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, 2021, [Online]. Available: https://greenvest.co.id/

S. Alisyafiq, B. Hardiyana, and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” 2021, [Online]. Available: http://jpkk.ppj.unp.ac.idhttp://jpkk.ppj.unp.ac.id