Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kain Pakaian Untuk Rumah Jahit Maimun Berbasis Android

Main Article Content

Pirman Suryadi
Maxsi Ary

Abstract

Rumah Jahit Maimun merupakan sebuah usaha menjahit yang menerima berbagaijahitan khususnya untuk pelanggan wanita berupa baju dress dan atasan wanita. Seringkali para konsumen kesulitan dalam menentukan jenis kain yang akan digunakan. Rumah jahit maimunmemiliki keterbatasan media untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang jenis-jeniskain beserta kelebihan dan kekurangannya. Tujuan penelitian adalah untuk membuat aplikasipengenalan kain, sehingga konsumen terbantu dalam menentukan jenis kain yang akandigunakan, serta sebagai referensi dalam pemilihan kain. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode Mobile-D, lebih efektif dan dapat memberikan kepuasan kepadapelanggan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi android yang memberikan fitur pengenalanjenis-jenis kain serta sistem pendukung keputusan pemilihan kain.

Article Details

Section
Articles

References

G. D. Banowati, “Analisis desain gaun gala biomimikri karya Iris Van Herpen,” E-Journal, vol. 10, no. 1, pp. 137–148, 2021.

N. Marpaung, A. Nata, and R. Yesputra, “Pemilihan Kain Berkualitas Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Pada Sistem Pendukung Keputusan,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. 1, pp. 11–17, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

A. Suryadi, N. M. Rosa, and E. Subandriyo, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Suku Dan Kebudayaan Berbasis Android,” Semin. Nas. Ris. dan Teknol. (SEMNAS RISTEK), vol. 4, no. 1, pp. 186–192, 2020, [Online]. Available: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/2497

E. Kurniadi, R. Nugraha, and A. Fitriadin, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Batik Tulis Paseban Berbasis Android,” J. NUANSA Inform., vol. 15, no. 1, pp. 58–63, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

A. Arif, “Aplikasi Pengenalan Jenis Narkoba Berbasis Android Pada Badan Narkotika Nasional Kota Pagar Alam,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 53–64, 2020, doi: 10.33022/ijcs.v9i1.220.

C. M. Dipraja and M. Ary, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN UMUM BERBASIS MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN DATABASE BACKENDLESS,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 59–67, 2021.

R. Andry and P. Mauliana, “APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL KOMPUTER BERBASIS ANDROID STUDI PADA SDN 01 TEGALGEDE,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 89–98, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/596

A. Kuncoro and A. A. Rismayadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Way Tuba Berbasis Android,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 75–82, 2021, [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/500

S. R. Refiandi, A. D. Baihaqie, and A. Rusmardiana, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Tanaman Hias Di Indonesia Berbasis Android,” Semin. Nas. Ris. dan Teknol. (SEMNAS RISTEK), pp. 659–664, 2021.

A. Y. Mahendra, A. H. Brata, and K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Katalog dan Pemesanan Produk Kebutuhan Dapur Berbasis Android menggunakan Metode Mobile-D,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4818–4825, 2018.