Perancangan Sistem Informasi Penjualan E-commerce Berbasis Website Pada Toko Gummo Limited

Main Article Content

Rizky Fadhilah
Rizki Tri Prasetio

Abstract

UMKM telah menjadi satu di antara unit usaha di sistem ekonomi Indonesia dan memberikan peran yang penting terhadap produk domestik bruto. Gummo Limited salah satu UMKM yang menjual produk-produk brand lokal seperti t-shirt, jaket, slimbag dan aksesoris lainnya. Sistem penjualan yang digunakan Gummo Limited masih menggunakan konsep konvensional, dimana customer harus datang ke toko langsung untuk memilih sebuah produk dan melalui media sosial seperti Instagram yang dirasa masih kurang efektif dalam memperbanyak tingkat penjualan, serta tidak adanya sarana jarak jauh untuk mempromosikan produk guna memperluas area pemasaran. Tentu saja hal ini memperumit tugas calon pelanggan, sehingga calon pelanggan membutuhkan layanan online dan juga dapat melalukan pembayaran secara online yaitu transfer rekening bank.aplikasi. Sistem informasi penjualan ini dibangun menggunakan PHP dan MySQL serta menggunakan metode pengembangan sistem waterfall atau air terjun. Hasil penelitian ini berupa perancangan sistem informasi penjualan pada website agar toko dapat menerapkannya dengan tepat guna memperluas jangkauan penjualan serta mempublikasikan produk-produk sehingga pelanggan dapat melakukan transaksi tanpa harus ke toko yang dapat diterapkan dengan baik oleh toko untuk memperluas jangkauan penjualan serta mempublikasikan produk-produk sehingga pelanggan dapat melakukan transaksi tidak harus pergi ke toko

Article Details

Section
Articles

References

Wijaya, M. C. (2022). Pelatihan Sistem Informasi Bagi UMKM Produksi Mie Dan Baso Di Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 337–345. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8667

Sukarsih, I., Kurniati, E., Gunawan, G., & Wulan, R. (2019). Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku UMKM Di Kota Bandung melalui Implementasi E-Commerce. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 170–177. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4412

Setiawan, D., & Lutfi. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi e-Commerce Berbasis Web Pada UMKM Batik Rindani Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1).

Susanto, E. S., Karisma, Y., & Isnaeni Susi. (2019). SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO JILBAB RJS KABUPATEN SUMBAWA BERBASIS WEB. Jurnal JINTEKS, 1(2).

Ali, F., Junaedi, I., & Yulianto, A. B. (2022). PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA TOKO PAKAIAN JALSIAST. Jurnal Widya, 3(1), 15–31. https://doi.org/10.54593/awl.v3i1.70

Rizal, M. A., & Misriati, T. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN BARBASIS WEB PADA TOKO UJ OUTLET. Jurnal SISFOKOM, 7(1).

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK .