Analisis Taraf Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO dengan Metode EUCS

Main Article Content

Lilis Darwati
Fitriyani

Abstract

Peningkatan perkembangan teknologi banyak yang dapat dilakukan atau dikembangkan seperti hal nya sebuah sistem maupun aplikasi untuk mempermudah manusia melakukan pekerjaan atau bertransaksi. Namun dengan adanya aplikasi dibutuhkan juga suatu penelitian untuk mengukur nilai kepuasan penggunaan aplikasi itu sendiri, salah satunya aplikasi OVO. Analisis yang dilakukan ini untuk mengetahui seberapa besar taraf kepuasan pengguna dalam menggunakan OVO dimana pada analisis ini memakai metode End User Computing Satisfaction (EUCS), metode ini menekankan pada kepuasan pengguna dengan cara memakai analisa pengaplikasian berdasarkan isi pada aplikasi, mengenai keakuratan data, bentuk aplikasi, kemudahan dalam menggunakan aplikasi serta data yang diproses tepat waktu. Bentuk penelitian  yang dilaksanakan ini adalah penelitian deskriptif dengan memakai alat  penelitian dengan kuesioner. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui taraf kepuasan pengguna.

Article Details

Section
Articles

References

V. N. S. Lestari, “Analisis Faktor-Faktor Promosi Dalam Usaha Untuk Meningkatkan Volume Penjualan,” pp. 1–16, 2017, doi: 10.31227/osf.io/dtwb3.

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.

L. Cucu Sumartini and D. Fajriany Ardining Tias, “Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja,” J. E-Bis, vol. 3, no. 2, pp. 111–118, 2019, doi: 10.37339/e-bis.v3i2.124.

N. L. A. K. Y. Sarja, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi,” Konf. Nas. Sist. Inform., no. 2016, pp. 836–840, 2017.

A. S. Damayanti, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4833–4839, 2018.

S. E. Sabon and S. Susanti, “Analisis Keberhasilan Kinerja Aplikasi Sipp Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 145–151, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/203.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

R. Rachman, N. Hunaifi, and R. D. Sulatriningsih, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Punten Kota Bandung Menggunakan Model Evaluasi Terintegrasi,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 158–167, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i2.279.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

M. Siri, Fitriyani, and A. Herliana, “Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 66–75, 2017.