Aplikasi Perbaikan Barang Bekas dengan Menerapkan Metode Agile Berbasis Website (UMKM Eastcare)
Main Article Content
Abstract
Minimnya informasi yang diketahui oleh masyarakat terkait cara mengolah kembali barang bekas pakainya, hal ini mendorong umkm eastcare untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sebenarnya barang bekas masih bisa digunakan kembali menjadi barang yang layak pakai dengan upaya merestorasi atau memperbaiki barang tersebut, perbaikan ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai guna suatu barang bahkan berpotensi dapat dijual kembali, eastcare sebagai pelaku usaha individu yang memanfaatkan barang bekas seperti sepatu, tas, dan pakaian yang sudah mencapai masa pakainya untuk digunakan kembali dengan melakukan melakukan restorasi atau pengecatan ulang pada sepatu berbahan kanvas, suede, kulit, perbaikan in sole, mid sole, out sole, untuk mewujudkan upaya tersebut penulis mengembangkan sebuah aplikasi e-commerce berbasis websitedengan menerapkan metode Agile extreme programing dengan tahapan planning, design, coding,dan test,lalu, serta softwarependukung seperti Codeigniter, PHP, My SQL, Bootstrap, Css, dan Ion auth, dilakukan pengetesan dengan black box, setelah pengembangan website selesai dibuat maka didapatkan hasil bahwa proses bisnis pada UMKM menjadi terkomputerisasi, pengelolaan data lebih mudah, memudahkan UMKM dalam memberikan edukasi berupa artikel perbaikan, serta mampu menjadi sarana dalam mempromosikan pelayanan jasa dan produk yang dimiliki oleh UMKM eastcare.
Article Details
References
KBBI. (2016). Definisi perbaikan menurut kamus besar bahasa indonesia.
Nugraha, F. (2016). Analisa dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis E ¬ Commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM. 5(3), 33–37.
Mauliana, P., Firmansyah, R., & Sutardi, A. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM I NFORMASI PANTI ASUHAN “ e - PANTI ” BERBASIS WEB. 62–71.
Fatoni, A., & Dwi, D. (2016). Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem. Prosisko, 3(1), 1–4. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116
Carolina, I., Pardede, A. M. H., & Supriyatna, A. (2019). Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen. 3(1), 106–113. https://doi.org/10.31227/osf.io/se6f9
Darnis, F., & Azdy, R. A. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi ( e-Commerce ) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. 275–278.
Shaleh, M., Anbar, N., Gunawan, B., Sanjaya, R., Adhirajasa, U., & Sanjaya, R. (2020). WEBSITE E-COMMERCE GREEN FRESH. 1(1), 381–389.
Rachman, R., & Marjito, M. (2020). Perancangan Sistem Monitoring Dokumentasi Problem Solving Dengan Codeigniter (Studi Kasus?: Iti Rsud Banyumas). Jurnal Computech & Bisnis, 14(1), 19–29. https://doi.org/10.5281/zenodo.3929057
Hamdallah, F., Husain, A., Wijaya, L. A., Widianto, S. R., Rekayasa, M., Informasi, S., & Likmi, S. (2020). Sistem Manajemen Basis Data Pada Sistem Perpustakaan ( Studi Kasus?: SMK AL-WAFA ). 30–32.
Agustini, F., Widiyanto, R. S., & Hartini, S. (2020). Metode Agile Pada Pembuatan Website Services and Sales Printer Ink. 4(2), 143–152.
Junianto, E. (2017). Skripsi - Perancangan Website E- Commerce Poison Cloth Pada CV . Hendri Jaya.