Augmented Reality Smart Catalog Furniture Pada CV. Rorompok Menggunakan User Defined Target
Main Article Content
Abstract
Augmented Reality merupakan teknologi yang memadukan dunia nyata dan dunia virtual dengan cara menampilkan objek virtual di dunia nyata secara langsung, penelitian ini memanfaatkan Augmented Reality, menjadi sebuah aplikasi simulasi produk furniture, sehingga konsumen atau user dapat mensimulasikan produk furniture sebelum membelinya. Aplikasi ini berbasis android dan menggunakan kamera untuk mendeteksi tempat dengan menggunakan metode user defined target yaitu metode yang otomatis mendeteksi marker menggunakan lingkungan sekitar. Hasil pegujian blackbox fungsionalitas aplikasi dinyatakan berfungsi baik.
Article Details
References
Y. Irawan, U. Rahmalisa, R. Wahyuni, and Y. Devis, “Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web Pada CV. Satria Hendra Jaya Pekanbaru,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 150–159, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i2.4.
D. K. Sandi and P. Mauliana, “Aplikasi Game Busana Anak-Anak Berbasis Mobile Sebagai Media Promosi Di DKS Production,” J. Adhirajasa, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2020.
M. Qadriyanto and S. Bahri, “Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android,” J. Coding, vol. 06, no. 03, pp. 237–246, 2018.
agus A. Al Hakim Musthof, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Mebel Jepara Berbasis Android,” Semin. Nas. KMICE’08, vol. IV Nomor 1, no. 1, pp. 1–30, 2017, [Online]. Available: https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part.
R. C. Hermanto and P. Mauliana, “APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN ALAT OLAHRAGA UNTUK ANAK PAUD BERBASIS ANDROID ( STUDI PADA?: PAUD RA AL-FATH ),” vol. 1, no. 1, pp. 47–51, 2020.
A. A. Mubarok, W. Setiawan, and Y. Wibisono, “UPINav?: Aplikasi Markerless Augmented Reality untuk Media Informasi UPI Berbasis Android,” vol. 3, no. 1, pp. 8–12, 2020.
T. Arifianto, “Perancangan Aplikasi Furniture Home Design 3d Dengan Menerapkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2017.
R. Ridwan and W. Wiguna, “Aplikasi Desain Sertifikat Penghargaan Berbasis Mobile di SMK Al Mukhlisiyah,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 320–329, 2020.
A. Triyono, M. Muhaqiqin, and M. N. D. Satria, “Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas XI,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 39–53, 2021.
N. Aprilia and R. Rosnelly, “Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” J. FTIK, vol. 1, no. 1, pp. 967–980, 2020.