Pembuatan Game “Quiz Trivia Asmaul Husna” Sebagai Media Edukasi Menggunakan Construct 2

Main Article Content

Ridzwan Delian Kautsar
Rangga Sanjaya

Abstract

Setiap muslim di sunnahkan untuk mengenal sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna dan biasanya pengenalan Asmaul Husna sudah dilakukan di usia dini. Akan tetapi pengenalan Asmaul Husna secara manual atau konvensional tidak menjamin dapat menarik minat anak-anak muslim untuk mengenal Asmaul Husna dengan baik dan benar, maka perlu dibuat sebuah media edukasi yang interaktif untuk menarik minat belajar anak-anak muslim dalam mengenal Asmaul Husna. Oleh karena itu penulis membuat penelitian terkait dengan pembuatan game edukasi Asmaul Husna dengan jenis game Quiz bergenre Trivia. Penulis melakukan observasi dan studi pustaka untuk mencari data dan informasi yang diperlukan serta menggunakan metode Extreme Programming. Untuk proses pembuatan menggunakan Construct 2 sebagai game engine. Dari hasil pengujian Blackbox yang dilakukan dapat diketahui bahwa semua fitur berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Penulis berharap pembuatan aplikasi game edukasi ini dapat menarik minat anak-anak muslim untuk belajar dan mengenal Asmaul Husna serta memudahkan pembelajaran karena dapat diakses melalui smartphone android.

Article Details

Section
Articles

References

M. D. T. Handoko and D. Swanjaya, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Asma’ul Husna Berbasis Android,” in Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2020, vol. 4, no. 3, pp. 161–166.

N. Nusantara and R. Cahyadi, “Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Asmaul Husna Berbasis Android,” J. Multi Media Dan IT, vol. 3, no. 2, 2019.

M. N. Shobary, D. Riana, and R. Sanjaya, “Aplikasi Animasi Interaktif Pencampuran Tiga Warna Primer dan Pengenalan Bentuk Geometri pada PAUD Al-Muslimun,” J. Inform., vol. 1, no. 2, 2014.

R. Kurniawan, R. B. Y. R. Sanjaya, and R. Rakhmawati, “Teknologi Game untuk Pembelajaran bagi Anak dengan ADHD: Tinjauan Literatur,” J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol. Inf., vol. 10, no. 4, pp. 346–353, 2021.

R. Sanjaya, “Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning,” J. Inform., vol. 3, no. 1, 2016.

L. D. Pratama, W. Lestari, and A. Bahauddin, “Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?,” -Talim J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 39–50, 2019.

R. Ariani and F. Festiyed, “Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 2, 2019.

M. Alda, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Media Sains Indonesia, 2021.

M. P. Nana, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Penerbit Lakeisha, 2019.

R. Rifka, Step by Step Lancar Membuat SOP. Penerbit Nauli Media, 2017.