ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI SIPLAH MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Main Article Content

Rezi Wahyu Nugraha
Rangga Sanjaya

Abstract

SIPLAH adalah unit pendidikan pengadaan barang dan jasa yang inovatif untuk mempromosikan transparansi dan manajemen kenyamanan dan tampilan laporan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana individu bereaksi terhadap aplikasi siplah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan TAM. Model TAM diwakili dalam penelitian oleh tiga komponen: kemudahan penggunaan, kebermanfaatan, dan sikap terhadap pengguna. Model TAM diwakili oleh tiga bagian dalam penelitian ini: kemudahan penggunaan, kebermanfaaatan, dan sikap terhadap pengguna. Pada tingkat rasio 0,1342 = 0,017 atau 0,17 persen, hasl uji variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh pada sikap terhadap pengguna, sementara persepsi kebermanfaatan memiliki efek positif yang signifikan pada sikap terhadap pengguna. Diterapkan pada tingkat rasio 0,7602 = 0,577, atau 57%. Dan, pada tingkat rasio R2 kuadrat = 0,756 atau 75,6 persen, dilaporkan kemudahan penggunaan dan kebermanfaatan yang dirasakan memiliki pengaruh menguntungkan yang signifikan pada sikap terhadap penggunaan.

Article Details

Section
Articles

References

B. Gunawan, M. S. Mubarak, N. Anbar, and R. Sanjaya, “STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI E-COMMERCE UMKM RUMAH SAYUR LEMBANG MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT,” J. Teknol. DAN OPEN SOURCE, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2020.

A. Lubis, “Evaluasi Tingkat Penerimaan Sistem Informasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik Oleh Pengusaha Menggunakan Metode Tecnology Acceptance Model (Tam),” Cano Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 159–176, 2014.

F. Khoirunnisa, S. Roifah, S. Setiawan, and R. Sanjaya, “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DAN PELAYANAN KANTOR KELURAHAN SUKABUNGAH KOTA BANDUNG,” EProsiding Sist. Inf. POTENSI, vol. 1, no. 1, pp. 371–380, 2020.

B. Suzanto and I. Sidharta, “Pengukuran end-user computing satisfaction atas penggunaan sistem informasi akademik,” J. Ekon. Bisnis Entrep., vol. 9, no. 1, 2015.

A. Mubarok et al., “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, 2018.

T. Muhtar, “Implementasi Pengadaan Secara Elektronik (e-Procument) di LPSE Provinsi Sulawesi Tengah,” J. Tek. SIPIL DAN INFRASTRUKTUR, vol. 1, no. 1, 2011.

R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” J. RESPONSIF Ris. Sains Inform., vol. 2, no. 1, pp. 65–74, 2020.

Y. Yuliana, R. Sanjaya, and M. N. Shobary, “Analisis Kepuasan Pegawai Terhadap Layanan Unit Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Di PT Kereta Api Indonesia (Persero),” J. Inform., vol. 3, no. 2, 2016.

J. Karim and M. Lasena, “Analisis Kebijakan E-procurement Di Pemerintah Provinsi Gorontalo Menggunakan Metode Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 338–347, 2017.

D. Arey, R. Sanjaya, and others, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J-Icon J. Komput. Dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021.

F. Ainiyah, Y. Yulianeu, and A. Fathoni, “PENGARUH KOORDINASI, PEMBAGIAN KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DENGAN MASA KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi kasus Pada Sekolah Islam Holistik Yayasan Tabina Hanifa Semarang),” J. Manag., vol. 3, no. 3, 2017.