Aplikasi Pengukur Cahaya pada Iklan Luar Ruang Berbasis Android di Golden Mind Advertising
Main Article Content
Abstract
Iklan adalah bagian dari bentuk komunikasi, baik itu di media cetak ataupun elektronik. Salah satu jenis iklan yaitu media luar ruangan yang mampu mempengaruhi dan mendorong masyarakat untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang dipromosikan. CV Golden Mind Advertising adalah produsen penyedia jasa media promosi outdoor. Pada saat ini CV Golden Mind Advertising belum mempunyai standar yang baku dalam mengukur intensitas pencahayaan yang sesuai dengan lumen luar ruangan. Permasalahan ini menyebabkan tidak sesuainya harapan konsumen terhadap hasil dari media iklan yang diproduksi oleh perusahaan. Maka peneliti membangun pengembangan sistem Pengukur Cahaya menggunakan metode Waterfall berbasis Android dimana dengan dibuatnya pengembangan aplikasi ini dapat membantu produsen dalam memberikan kepuasan terhadap konsumen, membantu pihak perusahaan dalam menentukan standar pencahayaan yang sesuai dengan aturan PUIL, dan menjadi alat bantu dalam kepentingan produksi CV Golden Mind Advertising.
Article Details
References
D. Prajarini, Media Sosial Periklanan: Instagram. Deepublish, 2020.
S. Sayuti and I. Romi, “Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruangan di Kecamatan Mandau.” UNIVERSITAS BUNG HATTA, 2020.
Y. Retnowati, “Persepsi Masyarakat terhadap Penempatan dan Kreativitas Iklan Media Luar Ruang Di Kota Yogyakarta,” Widya, p. 60, 2017, [Online]. Available: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/d8f8607502f68f43b93e4e1c5f9b8b93.pdf#page=64.
P. Nugroho, I. Wijayanto, and E. Susatio, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Light Meter Pada Smartphone Berbasis Android,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 2, pp. 2214–2219, 2018.
M. Muchlas, P. Yudhiakto, and O. Okimustava, “Penggunaan Sky Quality Meter Dan Aplikasi Berbasis Android Dalam Studi Pengukuran Tingkat Polusi Cahaya Di Indonesia,” 2017.
M. Mufadhol, E. Efendi, and E. Endaryati, “PENERAPAN MODEL PENCAHAYAAN DALAM FISIKA BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK OPTIMASI PENERANGAN RUANGAN,” in Seminar Nasional Teknologi Industri Hijau, 2020, vol. 1, no. 1, pp. 301–306.
N. Suryana and W. Wiguna, “Aplikasi Logo Maker Berbasis Mobile di PT Sinar Mandiri Perdana,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 144–152, 2021.
W. Wiguna and T. Alawiyah, “Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung,” J. VOI (Voice Informatics), vol. 8, no. 2, pp. 49–62, 2019.
J. Raco, “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018, doi: 10.31219/osf.io/mfzuj.
R. B. Simanjuntak and W. Wiguna, “Aplikasi Video Creator Seremoni Pernikahan Berbasis Mobile di PT Inti Solusi Amanah,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 276–284, 2020.
N. Wahyuni, M. I. A. Jasticia, and Fitria Mardiana Nugraha, “Analisis Perbandingan Sistem Data Pokok Pendidikan ( Dapodik ) Tingkat Smk,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. April, pp. 2597–3827, 2018.
D. Saepudin and W. Wiguna, “Aplikasi Video Conference Berbasis Mobile Distance Learning Untuk Madrasyah Aliyah Syarif Hidayatulloh,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 330–340, 2020.
R. Ridwan and W. Wiguna, “Aplikasi Desain Sertifikat Penghargaan Berbasis Mobile di SMK Al Mukhlisiyah,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 320–329, 2020.
M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
A. Suryadi and Y. S. Zulaikhah, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.5738.