IMPLEMENTASI ALGORITMA A* MENGGUNAKAN GRAPH PADA APLIKASI ROUTE AT LOCATION BERBASIS WEB

Main Article Content

Rizal Ahmad Fauzi
Rizal Rachman

Abstract

Penerapan informed search method (metode pencarian informasi) untuk proses pencarian rute (route) dan arah (direction) sudah banyak diimplementasikan pada peta digital, diantaranya adalah Google Maps. Namun tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan ketika tiba di lokasi tujuan seperti gedung perkantoran, rumah sakit, bandara, stadion bahkan tempat rekreasi yang memiliki area yang begitu luas yaitu, kurangnya informasi denah, untuk mengetahui rute dan arah tercepat agar bisa menyelesaikan tujuannya pada lokasi tersebut dengan waktu tempuh yang optimal. Route at Location merupakan aplikasi peta digital berbasis web application yang menerapkan  algoritma A* (A Star) menggunakan Graph dalam pencarian rute dan arah di tempat rekreasi Bandung Zoo. Hasil dari penelitian ini diantaranya, algoritma A* (A Star) dapat menemukan rute yang optimal dengan menggunakan heuristik untuk menyusun ulang node, sehingga proses pencarian node tujuan dapat ditemukan lebih cepat dan arah (direction) yang dihasilkan dari proses pencarian rute mempermudah pengguna untuk menuju ke lokasi tujuan.

Article Details

Section
Articles

References

A.S, Rosa, and M Shalahuddin. 2015. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung?: Informatika.” Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Budiman, Vicky, Yogi Swara Hendro Lesmono, and Halim Agung. 2018. “Aplikasi Berbasis Android Untuk Mencari Lokasi Puskesmas Terdekat Dengan Algoritma A-Star Di Provinsi Dki Jakarta.” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer Vol.9 (No.1): 39–48.

Gede Wahyu Antara Dalem, Ida Bagus. 2018. “Penerapan Algoritma A* (Star) Menggunakan Graph Untuk Menghitung Jarak Terpendek.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 1 (1): 41–47. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v1i1.253.

Kiki Setiawan, Supriyadin, Imam Santoso, Roy Buana. 2018. “Menghitung Rute Terpendek Menggunakan Algoritma a * Dengan Fungsi Euclidean Distance.” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2018 (Sentika): 70–79.

Kom, M, M Kom, Studi Ilmu Komputer, and Universitas Pakuan. 2019. “Di Kota Bogor Dengan Menggunakan Algoritma a *” 16 (1): 245–53.

Maulana, Afrizal Adam, and Wijanarto Wijanarto. 2019. “Implementasi Algoritma A* Dalam Aplikasi Berbasis Web Untuk Menemukan Rute Terpendek Sebagai Navigasi Peta Digital Indoor.” Creative Information Technology Journal 5 (1): 1. https://doi.org/10.24076/citec.2017v5i1.129.

Mayadi, Mayadi, and Raisul Azhar. 2019. “Perbandingan Perhitungan Manual Dengan Algoritma A Star Dalam Pencarian Jalur Terpendek Untuk Pengiriman Pesanan Dodol Khas Lombok.” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik 2 (2): 27. https://doi.org/10.36595/jire.v2i2.114.

Prasetyo, Arif Cahyo, Maful Prayoga Arnandi, Harish Setyo Hudnanto, and Bayu Setiaji. 2019. “Perbandingan Algoritma Astar Dan Dijkistra Dalam Menentukan Rute Terdekat.” SISFOTENIKA. https://doi.org/10.30700/jst.v9i1.456.

Pressman, Roger S., and Bruce R. Maxim. 2015. Software Engineering?: A Practitioner’s Approach, Eighth Edition. ACM SIGSOFT Software Engineering Notes. https://doi.org/10.1145/1226816.1226822.

Purnamasari, Popy, and Wahid Suyitno. 2016. “Pencarian Jalur Terpendek Dari Rumah Menuju Candi Jiwa Batujaya Menggunakan Algoritma A.” KNIT-2 Nusa Mandiri, 171–76.

Rizky, Robby, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Informatika, and Universitas Mathla. 2018. “Pencarian Jalur Terdekat Dengan Metode A*(Star) Studi Kasus Serang Labuan Provinsi Banten 1),” no. November.

Scarlet, Douglas. 2013. “Belajar Dasar Algoritma Dan Pemrograman.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Yamin, Muh., and Moh. Bandrigo Talai. 2015. “Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Pada Rumah Sakit Umum Bahteramas Menggunakan Algoritma A* (A-Star).” Jurnal Informatika 9 (2). https://doi.org/10.26555/jifo.v9i2.a2961.