PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE (TAM)

Main Article Content

Bella Noer Azalia
Sari Susanti

Abstract

Perdagangan elektronik transaksi antara kedua belah pihak dengan melakukan pertukaran barang dan jasa dalam proses transaksi online. Program platfrom aplikasi Shopee yang merupakan tempat berbelanja online banyak menawarkan berbagai macam produk, Sepanjang 2017 bisnis Shopee Indonesia tumbuh pesat begitupun dengan 2018 pihaknya berharap bisa tumbuh lebih besar lagi, Hal tersebut tidak menutup kemungkinan masih ada pengguna yang merasa dikecewakan dengan pelayanan Shopee. Penelitian ini melakukan mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna aplikasi marketplace shopee sebagai media belanja online menggunakan TAM dengan empat variabel bebas yaitu Kemudahan Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Penggunaan, dan Intensintas Perilaku Penggunaan, Penelitian ini dilakukan terhadap 50 responden yang menggunakan Aplikasi Marketplace Shopee, Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Metode pengolahan data di olah menggunakan SPSS 21. Hasil analisis diperoleh bahwa variabel Kemudahan Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Penggunaan memiliki nilai (R) yaitu sebesar 0,843 terhadap Intensintas Perilaku Penggunaan artinya antara variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan memiliki nilai R2 atau koefisien determinasi sebesar 0,710 artinya presentasi sumbangan pengaruh variabel terkait dan variabel bebas dalam penelitian ini sebesar 71% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. Nilai F hitung sebesar 37,624. Variabel Kemudahan Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Penggunaan secara simultan berpengaruh Intensintas Perilaku Penggunaan dapat diterima.

Article Details

Section
Articles

References

Fiyah, N., Mayangky, N. A., Hadianti, S., & Riana, D. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 59–68. https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.10507

Ridha, N. (2017). Proses, Penelitiaan, Masalah, Variabel dan Paradigma penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.

RUBIANSYAH, H. P. P. M. I. C. (2015). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE PADA PT. FATIH CREATIVE. 1–4. https://library.binus.ac.id/Collections/ethesis_detail/2015-1-00874-IF

Sadgotra, W., & Saputra, E. (2014). Perancangan Online Marketplace Untuk Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Kabupaten Purworejo. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 15(3), 54.

Sidharta, I., & Sidh, R. (2014). Pengukuran Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Sikap Serta Dampaknya Atas Penggunaan Ulang Online Shopphing Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 92–100.

Yulistia, Y. (2017). Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(1), 93–100. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i1.91