KLASIFIKASI LAPORAN KENDALA USER PADA SISTEM NEW OPERATION SUPPORT SYSTEM MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
Main Article Content
Abstract
Sistem New Operation Support System (NOSS) yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam bussiness Telkom dengan sistem berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) ini merupakan sistem yang cukup kompleks . Namun pada saat menggunakan sistem ini tidak jarang user menemukan kendala dalam penggunaannya, oleh kerena itu user membutuhkan bantuan Helpdesk dalam mempermudah penggunaan aplikasinya. Guna mempermudah pengumpulan kedala yang diberikan user, Telkomsigma membuat aplikasi yang diberinama IT Care . Dikarenakan belum ada klasifikasi laporan kendala user, Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan pengklasifikasian laporan kendala sistem NOSS pada kategori multiclass yaitu: Unified Inventory Management (UIM), Order and Service Management (OSM), Automated Service Activation Program (ASAP), SmartCloud Control Desk (SCCD), Dan lain-lain (DLL) . Klasifikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode Support VectorMachine (SVM) dengan kernel RBF dan paremeter yang digunakan adalah C dan ?. Dengan Jumlah dataset sebanyak 1553 data kendala, Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner, diuji dengan menggunakan 10-Fold cross validation dan diukur dengan confussion matrix untuk evaluasi hasil. Dari hasil uji coba aplikasi menunjukkan akurasi tertinggi sebesar 90.47% dengan pengujian tanpa menggunakan feature selection pada titik C=3.0, ?=0.3.
Article Details
References
Agustina, N. (2018). Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework. JURNAL INFORMATIKA, 1.
Berry, M. W., & Kogan, J. (2010). Text Mining: Applications and Theory. United Kingdom.
Chou, J. S., Cheng, M. Y., Wu, Y. W., & Pham, A. D. (2014). Optimizing parameters of support vector machine using fast messy. Expert Systems with Applications.
Dawson, C. (2009). Projects in Computing and Information Systems A Student's Guide. England: Addison-Wesley.
Dewi, R. N. (2017). Model TEXT MINING UNTUK IDENTIFIKASI KELUHAN PELANGGAN PRODUK PERUSAHAAN PERANGAKAT LUNAK. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi .
Fatta, H. A. (2007). KOMPUTER - SISTEM INFORMASI. Dalam A. H. Triyuliyana, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern (hal. 2). DIY: Penerbit Andi.
Help Desk World. (2002). What is a Help Desk? The Directory of Help Desk Software and Information. Dipetik 04 20, 2020, dari http://www.help-desk-world.com/help-desk.htm
Herliana, A., Setiawan, V. A., & Prasetio, R. T. (2018). Penerapan Inferensi Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Tulang. Jurnal Informatika, 5(1), 50-60.
Indriati, & Ridok, A. (2016). SENTIMENT ANALYSIS FOR REVIEW MOBILE APPLICATIONS USING NEIGHBOR METHOD WEIGHTED K-NEAREST NEIGHBOR (NWKNN). Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology.
Kurniawan, B., Effendi, S., & Sitompul, O. S. (2012). Klasifikasi Konten Berita Dengan Metode. JURNAL DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI Vol. 1, 1.
MA'ARIF, A. A. (2015). Penerapan Algoritma TF-IDF Untuk Pencarian Karya Ilmiah. Dokumen Karya Ilmiah | Tugas Akhir | Program Studi Teknik Informatika - S1 | Fakultas Ilmu Komputer | Universitas Dian Nuswantoro Semarang |.
PT.Telkom Indonesia. (2020). https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat. Dipetik Mei 20, 2020, dari https://www.telkom.co.id/: https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat
Prasetio, R. T., & Riana, D. (2015, November). A comparison of classification methods in vertebral column disorder with the application of genetic algorithm and bagging. In 2015 4th international conference on instrumentation, communications, information technology, and biomedical engineering (ICICI-BME) (pp. 163-168). IEEE.
Prasetio, R. T. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting on Manufacture Company. Jurnal Informatika, 1(2).
Prasetio, R. T., & Pratiwi, P. (2015). PENERAPAN TEKNIK BAGGING PADA ALGORITMA KLASIFIKASI UNTUK MENGATASI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS DATASET MEDIS. Jurnal Informatika, 2(2).
Prasetio, R. T., & Ripandi, E. (2019). Optimasi Klasifikasi Jenis Hutan Menggunakan Deep Learning Berbasis Optimize Selection. Jurnal Informatika, 6(1), 100-106.
Prasetio, R. T., Rismayadi, A. A., & Anshori, I. F. (2018). Implementasi Algoritma Genetika pada k-nearest neighbours untuk Klasifikasi Kerusakan Tulang Belakang. Jurnal Informatika, 5(2), 186-194.
Prasetio, R. T., & Susanti, S. (2019). Prediksi Harapan Hidup Pasien Kanker Paru Pasca Operasi Bedah Toraks Menggunakan Boosted k-Nearest Neighbor. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 64-69.
Putra, A. A. (2015). Implementasi Text Summarization Menggunakan Metode Vector Space Model Pada Artikel Berita Berbahasa Indonesia. Diambil kembali dari https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-agungaulia-33595
Redaksi WE Online. (2017, Mei 16). Telkom Terapkan Sistem ERP, Apa itu? Dipetik Mei 04, 2020, dari www.wartaekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read141216/telkom-terapkan-sistem-erp-apa-itu
Riana, D. (2018). Classification of Pap Smear. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 8(6), 5415-5424.
Wahjono, I. S. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Xiang, Z., Schwart, Z., Jr. c, J. H., & Uysal, M. (2015). What can big data and text analytics tell us about hotel guest experience and satisfaction? International Journal of Hospitality Management. Dipetik 04 21, 2020, dari https://www.journals.elsevier.com/international-journal-of-hospitality-management