Implementasi Sangkuriang Fishing Game Berbasis Website Menggunakan Construct 2

Main Article Content

Welly Muslian
Phitsa Mauliana

Abstract

Kolam pancing Sangkuriang merupakan salah satu tempat usaha memacing dengan lokasi yang strategis dan mudah diakses. Berbagai usulan inovasi-inovasi terbaru dari para pengurus usaha di tempat riset, maka pada penelitian ini akan dibangun suatu permainan daring 2D berbasis website yang sejalan dengan hobi dari para pengunjung kolam pancing. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan dari hasil pengamatan langsung pada lokasi tempat pemancingan kolam Sangkuriang yaitu Bagian Humas menginginkan suatu media promosi yang sekaligus berguna sebagai hiburan tambahan pada hobi memancing dan belum adanya suatu media hiburan online game dengan tema memancing bagi para pengunjung atau komunitas di kolam pancing Sangkuriang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Banathy. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memenuhi keinginan bagian Humas dalam melengkapi media promosi yang sekaligus berguna sebagai hiburan tambahan pada hobi memancing. untuk mengimplementasikan fishing game Sangkuriang berbasis website menggunakan Construct2. Aplikasi Sangkuriang Fishing Game berhasil diimplementasikan menggunakan game engine Construct2 dengan bahasa visual HTML5 yang memberikan nilai tambah pada hiburan pemancing bagi para anggota komunitas dan pengunjung kolam pancing Sangkuriang.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Z., & Puspitasari, H. P. (2018). Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?id=INeFDwAAQBAJ

Andriani, Y. (2018). Budidaya Ikan Nila. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=e8RcDwAAQBAJ

Indriani, I., & Wibisono, S. (2018). GAME COOKING COURSE DEVELOPMENT OF TRADITIONAL CULINARY PATI" Ga Ge Go" USING CONSTRUCT 2.

Katirgis, J., & Payment, S. (2019). Insider Tips for Bass Fishing. Rosen Publishing Group. https://books.google.co.id/books?id=ArTXDwAAQBAJ

Mandagi, M. O., & Degeng, I. N. S. (2019). Model dan Rancangan Pembelajaran. Seribu Bintang.

Ridoi, M. (2018). Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2. Maskha.

Šag, A., & Orehova?ki, T. (2019). Development of 2D Game with Construct 2. 2019 42nd International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO), 1647–1652.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Prenada Media.

Timurawan, A. R. (2017). MANCING?: Bukan Sekedar Hobi. Wilis. https://books.google.co.id/books?id=7t5mDgAAQBAJ

Various. (2017). The Art of Big Game Fishing. Read Books Limited. https://books.google.co.id/books?id=MxI4DwAAQBAJ